en id

Sambut Tahun Baru 2018, Bandara Adisutjipto Selenggarakan Kirab Kereta Kencana Adisutjipto dan Bregada Wira Waskita

31 Dec 2017

kembali ke list


YOGYAKARTA – “Semarak Budaya Menyambut Tahun Baru 2018” Kirab Kereta Kencana Adisutjipto dan Bregada Wira Waskita Satpom AU Lanud Adisutjipto, menjadi kegiatan penghujung tahun yang diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Sebagai bentuk penghargaan pada salah satu ikon budaya Yogyakarta, acara ini diselenggarakan dengan tujuan mendukung potensi wisata budaya baik yang berada di wilayah Yogyakarta maupun sekitarnya. Tujuan ini selaras dengan komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) dalam sinergi BUMN untuk mendongkrak potensi pariwisata di wilayah Joglosemar. Komitmen ini didukung pula dengan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa bandar udara, di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Diharapkan pengguna jasa bandar udara dapat turut merasakan nuansa seni budaya dan pariwisata Indonesia melalui gerbang utama ke suatu wilayah yaitu Bandara.

Kirab Kereta Kencana Adisutjipto diselenggarakan dengan melibatkan 60 orang Bregada Wira Waskita di rangkaian terdepan, diikuti dengan Kereta Kencana Adisutjipto yang ditarik oleh 6 (enam) ekor Kuda Putih. Turut pula Duta Bandara Adisutjipto dan Putri Dirgantara Indonesia yang berada di dalam Kereta Kencana Adisutjipto, serta pada rangkaian akhir dilengkapi dengan Pasukan Pengombyong dimana pasukan ini merupakan kolaborasi 15 orang Personil Aviation Security dan Airport Rescue and Fire Finghting Angkasa Pura I serta 22 orang Personil Lanud Adisutjipto. General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyampaikan bahwa Bandara Adisutjipto Yogyakarta menjadi Bandara pertama yang menyelenggarakan Kirab Kereta Kencana dan berkolaborasi dengan Bregodo Wira Waskita.

Rangkaian Kirab Kereta Kencana dapat dinikmati oleh masyarakat umum yang berada di area Bandara Adisutjipto dan Jalan Raya Solo. Karena selepas dari titik start Taman Budaya Borobudur Bandara Adisutjipto, rangkaian Kirab akan melalui Jalan Raya Solo sampai dengan pertigaan Tugu Garuda Maguwo (depan Hotel Sheraton Yogyakarta), kemudian dilanjutkan ke arah Selatan menuju jalan akses masuk ke Lanud Adisutjipto dan kembali lagi ke Taman Budaya Borobudur Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

“Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto telah menyelenggarakan kegiatan yang serupa yaitu Jamasan Kereta Kencana Adisutjipto. Seperti kita ketahui bersama bahwa Kereta Kencana Adisutjipto ini merupakan salah satu ikon budaya Yogyakarta yang telah dihadirkan di Bandara Internasional Adisutjipto pada tanggal 19 Juni 2016 lalu. Ini menjadi di komitmen kami dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jasa bandara, sekaligus sebagai upaya mendukung potensi seni budaya dan pariwisata serta kearifan lokal di Yogyakarta,” jelas Agus Pandu Purnama.

Agus Pandu Purnama menambahkan, “Kegiatan ini adalah kegiatan Semarak Budaya yang dapat dinikmati oleh masyarakat dalam rangka menyambut Tahun Baru 2018. Semoga setiap pengunjung dapat semakin mengenali dan tidak melupakan salah satu identitas budaya bangsa yang menjadi ciri khas kota Yogyakarta, budaya dan seni Jawa serta kebanggaan Indonesia. Selain itu juga kami ingin memberikan semangat bagi kita semua untuk terus dapat berkarya maupun berinovasi untuk menyumbangkan kontribusi kita pada pelestarian budaya bangsa, khususnya di Yogyakarta. Semoga di Tahun 2018 nantinya kami dapat memberikan pelayanan dan inovasi yang lebih baik dibandingkan dengan saat ini.”***