en id

Peringati Hut ke-19, Periskapura I Wujudkan Gerakan Indonesia Bersih

17 Oct 2019

kembali ke list


YOGYAKARTA – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19, Persatuan Istri Karyawan Angkasa Pura I (Periskapura I), menggelar kegiatan yang mengusung tema “Periskapura I Peduli Lingkungan dengan Turut Serta Mewujudkan Gerakan Indonesia Bersih”.

Bertempat di area Kargo Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), kegiatan dihadiri oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi; Ketua Umum Periskapura I, Septima Faik Fahmi; dan didampingi oleh General Manager Bandara Internasional Adisutjipto selaku PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama bersama dengan Ketua Periskapura I Yogyakarta, Renny S. Pandu selaku tuan rumah penyelenggara.

Sebagai bentuk perwujudan Gerakan Indonesia Bersih,  kegiatan yang diikuti oleh 150 orang pengurus dan anggota Periskapura I yang berasal dari 13 bandara milik PT Angkasa Pura I (Persero) dan Kantor Pusat,  perwakilan 170 orang siswa siswi dan 30 orang guru dari SMA 1 Temon, SMK 1 Temon, SMK 1 Muhammadiyah Temon Kulon Progo, diselenggarakan dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan.

“Pada kesempatan HUT ke-19 kali ini, kami mecoba memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya di daerah sekitar Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, dengan mengkampanyekan penggunaan bahan ramah lingkungan selama acara berlangsung. Semoga ini dapat turut mewujudkan program Gerakan Indonesia Bersih, serta terlebih penting lagi, dengan kehadiran adik-adik Sekolah Menengah Atas di Kulon Progo, kami ingin memberikan pemahaman bagaimana untuk mengolah sampah supaya mereka bisa mencoba untuk mempraktekkan ilmunya di rumah masing-masing,” jelas Septima Faik Fahmi, Ketua Umum Periskapura I.

Septima Faik Fahmi berharap, kegiatan edukasi ini mampu menginspirasi generasi muda Kulon Progo untuk dapat berperan aktif dalam menghargai dan menjaga kebersihan lingkungan.

Mewujudkan Gerakan Indonesia Bersih, Periskapura I membagikan 600 botol tumbler dan eco bag, 50 tong sampah kepada ketiga sekolah, serta selama acara berlangsung seluruh undangan dan peserta menggunakan anyaman besek sebagai kotak konsumsi. Di samping itu, dekorasi pada acara juga menggunakan bahan ramah lingkungan. Tidak hanya itu, rangkaian kegiatan juga dilaksanakan dengan Penanaman 200 pohon sapu tangan di lingkungan Bandara Internasional Yogyakarta.

Kegiatan ini juga diisi dengan materi edukasi “Gerakan Indonesia Bersih” dari Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) dan materi edukasi “Manajemen Pengelolaan Sampah” dari Angkasa Pura Supports (APS), yang dilanjutkan dengan kunjungan ke terminal penumpang YIA.

“Sebagai perusahaan yang berkomitmen dalam memberikan kontribusi positif pada kelestarian lingkungan, kami sangat mendukung kegiatan Periskapura I. Kami juga mengapresiasi inisiatif Periskapura I dalam melibatkan generasi muda Indonesia untuk menularkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Upaya tersebut sejalan dengan misi Angkasa Pura I dalam hal penghijauan dan upaya mitigasi bencana,” tegas Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) dalam sambutannya.

Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto selaku PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta menambahkan, “Apresiasi setinggi-tingginya kepada Periskapura I, sebagai seorang Ibu dan seorang perempuan, mampu menjadi teladan dengan memiliki program kepedulian yang sangat baik. Tidak hanya untuk keberlangsungan lingkungan, tapi juga bagi masa depan generasi muda”.***