en id

Diperkirakan Besok Bandara Adisutjipto Mulai Beroperasi

18 Feb 2014

kembali ke list


Yogyakarta (18 / 2/ 2014) - Bandar Udara Internasional Adisutjipto akan kembali beroperasi pada Rabu tanggal 19 Februari 2014. Informasi tersebut disampaikan oleh General Manager Angkasa Pura Airport Bandara Internasional Adisutjipto Andi G Wirson.

Menurut Andi G Wirson General Manager Bandara Adisutjipto,pembersihan di area apron ,taxi way , dan landasan telah mencapai 95 persen. Untuk memastikan rencana pembukaan layanan penerbangan, pengelola bandara akan melakukan pemeriksaan akhir.

Semula diperkirakan Bandara Adisutjipto akan dibuka pada Selasa tanggal 18 Februari 2014, tetapi masih adanya abu vulkanik yang tersisa di area apron, taxi way dan Landasan membuat kesulitan dalam proses pembersihan. Angkasa Pura Airports Bandara Adisutjipto untuk hari ini berupaya optimal membersihkan area tersebut. Terlihat antrian penumpang yang cukup panjang di tempat penjualan tiket Bandara Adisutjipto untuk mencari informasi atau berkonsultasi. Hal tersebut disebabkan karena penumpang mengira hari ini Bandara Adisutjipto mulai dibuka.

General Manager Bandara Adisutjipto Andi G Wirson mengatakan “Pembukaan tersebut mundur satu hari dari target semula (hari ini). Kendala yang dihadapi salah satunya adalah ketebalan debu vulkanik yang mencapai 6 cm, dan karakteristik abu yang lembut serta lengket, yang menuntut pembersihan secara manual.”

Pembersihan landasan tidak bisa sembarangan, karena harus menggunakan alat khusus seperti mobil sweeper dan dibantu dengan semprotan air yang cukup deras dari armada Fire Fighting & Rescue.