en id

Angkasa Pura I Salurkan Bantuan Kemitraan di Wilayah Yogyakarta

04 Dec 2019

kembali ke list


YOGYAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisitjipto kembali menyalurkan pinjaman kemitraan kepada 12 pengusaha kecil di wilayah DIY dengan total sebesar Rp 330.000.000,00.

Bertempat di Ruang Rapat Yudhistira Graha Angkasa Pura Airports Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, penyaluran pinjaman diberikan secara simbolis oleh General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama. Dari 12 mitra binaan baru tersebut, 3 mitra binaan bergerak di bidang industri; 4 mitra di bidang jasa; dan 5 mitra di bidang perdagangan. Mitra binaan penerima bantuan pinjaman kemitraan berasal dari 3 Kabupaten di DIY yaitu 2 dari Kabupaten Bantul, 9 Kabupaten Sleman, dan 1 Kabupaten Gunungkidul.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Usaha Mikro Kecil (UMK) yang dijalankan masyarakat, sehingga menjadi usaha yang lebih mandiri dan tangguh serta mampu memberikan lapangan kerja yang lebih luas. Melalui program ini, setiap UMK yang telah berkembang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat lokal.

Penyaluran Kemitraan kali ini menjadi penyaluran tahap kelima di tahun 2019 dengan total penyaluran sampai dengan Tahap V yaitu sebesar  Rp 1.780.000.000,00 dengan total 39 mitra binaan dari berbagai sektor usaha. Selain memberikan bantuan permodalan dengan bunga ringan, Program Kemitraan juga memberikan bantuan pembinaan kepada mitra binaan dengan bentuk pelatihan manajemen usaha, pemasaran, pengiriman ke pameran lokal dan nasional,  serta pemagangan di mitra binaan unggulan bandara lainnya.

Lucia Anna Novitasari, salah satu pengusaha kaos rebut asal Kabupaten Sleman yang mendapatkan bantuan kemitraan dari PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menyampaikan apresiasi serta ungkapan terima kasih atas kesempatan untuk menerima bantuan sebesar Rp 40.000.000,00. “Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Angkasa Pura I yang telah memberikan kesempatan dan memberikan bantuan kemitraan kepada saya. Dengan adanya bantuan ini saya bertekad untuk memajukan usaha saya supaya dapat semakin berkembang,” ungkapnya. 

General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyampaikan bahwa PT Angkasa Pura I (Persero) akan terus berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi lingkungan masyarakat dengan harapan para pengusaha kecil dan menengah dapat berkembang dan bersaing dengan baik. “Kami mengharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dengan adanya PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai pengelola bandara di lingkungannya,” jelasnya.

Agus Pandu Purnama menambahkan, “Semoga melalui kemitraan ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan usaha yang sedang dijalani atau bahkan baru dimulai. Karena usaha kecil menengah yang sedang dikembangkan memberikan kontribusi penting bagi perekonomian bangsa. Adapun pada saat perjalanan usahanya nanti ditemukan kendala dan permasalahan, semoga dapat dikomunikasikan dan dilakukan pembinaan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melalui unit CSR. Kami berupaya melalui pembinaan supaya setiap mitra binaan PT Angkasa Pura I (Persero) dapat berhasil mengembangkan usahanya dengan baik.”*** [GN]