en id

Berita

Tanggap Bencana Banjir di Bantul Yogyakarta, Angkasa Pura I Galangkan Bantuan

21 Mar 2019

kembali ke list


YOGYAKARTA – Bencana alam banjir terjadi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 17 Maret 2019 lalu, yang mengakibatkan 5 (lima) orang meninggal dunia akibat tanah longsor. Sebagai aksi tanggap bencana di Bantul tersebut, berdasar pada Surat Menteri BUMN perihal Tanggap Bencana Banjir Bantul, PT Angkasa Pura I (Persero) ditunjuk sebagai BUMN Koordinator Tanggap Darurat Bencana Banjir Bantul dan sekitarnya.

Penggalangan bantuan tanggap bencana di Bantul yang dikoordinir oleh PT Angkasa Pura I (Persero) melibatkan BUMN yang berada di wilayah Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN sebagai perwujudan BUMN hadir untuk Negeri. Pada Tahap I penyaluran bantuan, telah dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2019 lalu dengan total bantuan senilai Rp 91.952.650,00. Adapun bantuan yang diberikan berupa: peralatan untuk membersihkan rumah dari lumpur dan sampah akibat banjir, penampungan air untuk distribusi air bersih, peralatan masak dan kebutuhan sembako.

“Sebelumnya telah kita laksanakan survey dan pengumpulan informasi dengan berkoordinasi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul terkait kebutuhan dan bantuan yang diperlukan oleh warga terkena bencana,” jelas Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Pandu Purnama menambahkan, “Kami juga telah membentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Alam PT Angkasa Pura I (Persero) yang akan siaga tidak hanya pada bencana alam banjir di Kabupaten Bantul, namun juga tidak menutup kemungkinan apabila terjadi bencana alam yang tidak diinginkan namun tidak terhindarkan ke depannya di Yogyakarta. Namun tentunya kami berharap kondisi di Yogyakarta akan selalu aman dan kondusif.”*** [GN]