en id

Berita

Selenggarakan Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru, Angkasa Pura I Pastikan Kesiapan Layanan

19 Dec 2019

kembali ke list


YOGYAKARTA - Menyambut momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT Angkasa Pura I (Persero) pastikan kesiapan layanan terbaik melalui penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta (JOG) dan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Hari ini, Jumat, 19 Desember 2019, dilaksanakan Apel Pembukaan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang bertempat di Lapangan NDB PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Bertindak sebagai Pembina Apel, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta selaku PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta. Pelaksanaan apel pembukaan dihadiri oleh Kepala Intel Lanud Adisutjipto, Komandan Detasemen Hanud 474 Paskhas, General Manager Perum LPPNPI Yogyakarta, Kepala BMKG Yogyakarta, Kepala Basarnas DIY, serta para Pimpinan Airlines; Groundhandling dan CIQ dan diikuti pula oleh seluruh perwakilan personil Tim Posko Gabungan.

Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melibatkan 100 personil yang terdiri dari 50 personil gabungan serta 50 personil PT Angkasa Pura I (Persero), sedangkan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), melibatkan 91 personil yang terdiri dari 32 personil gabungan dan 59 personil PT Angkasa Pura I (Persero). Adapun lokasi posko terletak di area Lobby Terminal A dan Terminal B Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020  diselenggarakan mulai tanggal 19 Desember 2019 s.d. 06 Januari 2020 atau H-6 Natal 2019 s.d. H+5 Tahun Baru 2020. Penyelenggaraan yang sama juga diberlakukan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo yaitu bertempat di Lobby Keberangkatan Domestik.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyampaikan, “Pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 kali ini diprediksikan 21.522 penumpang dengan 162 pergerakan pesawat, yang menggunakan moda transportasi angkutan udara pada puncak trafik (H-4) Natal 2019 di Bandara Internasional  Adisutjipto Yogyakarta yaitu tanggal 21 Desember 2019, 5% lebih besar jika dibandingkan dengan penumpang harian yang melalui Bandara Adisutjipto.”

Terdapat  3 (tiga) maskapai yang telah mendapatkan persetujuan untuk melengkapi fasilitas layanan penerbangan pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. “Tambahan penerbangan yang melalui Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, yaitu Citilink dengan tujuan Surabaya (SUB), dan Express Air dengan tujuan Banjarmasin (BDJ). Sedangkan tambahan penerbangan lainnya, melalui Bandara Internasional Yogyakarta, yaitu Garuda Indonesia tujuan Jakarta (CGK),” imbuh Pandu Purnama.

Guna mewujudkan kenyamanan pada momen Natal dan Tahun Baru, PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan pengguna jasa bandara mendapatkan layanan terbaik. “Kami memastikan kenyamanan pengguna jasa bandara di seluruh area Bandara Adisutjipto berikut dengan kenyamanan pengendara. Begitu juga di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), kami telah memastikan kesiapan fasilitas layanan bagi penumpang di terminal bandara maupun terhadap aksesibilitas transportasi pendukungnya. Baik PT. Kereta Api Indonesia, Damri, SatelQu maupun taksi, semua berintegrasi dengan baik untuk memaksimalkan pelayanan kepada pengguna jasa,” tambahnya.

Pandu Purnama menambahkan, “Sesuai dengan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: Inst 06 Tahun 2019, baik penyelenggara bandara, penyelenggara navigasi penerbangan maupun seluruh badan usaha angkutan udara perlu memperhatikan dan meningkatkan keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan selama penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kami selaku penyelenggara layanan jasa bandara akan terus berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait untuk memastikan tingkat keselamatan, keamanan serta pelayanan di lingkungan bandara.”*** [GN]