en id

Berita

Dukung Pengembangan UMKM di DIY, Angkasa Pura I Berikan Pelatihan

11 Dec 2019

kembali ke list


YOGYAKARTA – Berkomitmen untuk turut serta dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta, hari ini, Rabu, 11 Desember 2019, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan pada mitra binaan.

Bertempat di Hotel Marriott Yogyakarta, Pelatihan “Management Skill” yang merupakan kerjasama dengan PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Yogyakarta, diikuti oleh 30 orang peserta dari seluruh wilayah kabupaten dan kota di DIY.

“Seluruh peserta merupakan mitra binaan kami, yaitu mitra binaan CSR Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, dan pelatihan ini merupakan program rutin yang diberikan kepada mitra binaan agar dapat terus meningkatkan daya saing dan pengetahuan serta membangkitkan jiwa entrepreneur sebagai modal usaha untuk menjadi pengusaha yang tangguh dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif,” jelas Agus Pandu Purnama, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Pelatihan diselenggarakan selama 2 (dua) hari, dengan pengembangan materi dari PT. PNM (Persero). Linda Diana, Pimpinan PT. PNM (Persero) Cabang Yogyakarta menerangkan, “Materi yang telah disiapkan untuk pengayaan ilmu bagi para peserta lebih mengenai pendalaman usaha di era bisnis dengan basis teknologi digital. Dengan harapan para peserta dapat melakukan penyesuaian diri dan usaha di tengah perkembangan teknologi yang pesat, serta bagaimana para peserta dapat memanfaatkan teknologi digital untuk membuat branding dan mempromosikan usahanya.”

A. Pandu Purnama selaku PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta menambahkan, “Selain bantuan kemitraan dan pelatihan, Angkasa Pura I juga berkomitmen dalam mengembangkan UMKM di DIY melalui Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo. Pada tahap awal pengoperasian YIA, Angkasa Pura I menyediakan 5 (lima) titik gerai UMKM yang masing-masing berukuran 1,5 meter persegi dan 1 (satu) gerai berukuran 50 meter persegi yang tersebar di area boarding lounge. Kami juga menggandeng Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Provinsi DIY dalam menentukan UMKM dan produk apa saja yang akan ditampilkan pada gerai-gerai yang tersedia.”

Pada saat operasi penuh (full operation) Bandara Internasional Yogyakarta di tahun 2020, PT Angkasa Pura I (Persero) akan menyediakan lahan dengan luas 1.500 m2 dengan konsep “New Beringharjo”, yang akan mengakomodir lebih kurang 300 UMKM yang telah lolos kurasi oleh Diskop UKM DIY di area keberangkatan terminal YIA.

Salah satu peserta, Fajarudin, yang merupakan mitra binaan asal Kabupaten Bantul menyampaikan apresiasi dan harapan untuk dapat terus berkembang di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat di era digital. “Pembinaan dan pelatihan ini memberikan semangat dan motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan mengembangkan usaha masing-masing. Terlebih lagi dalam menyambut peluang berusaha bagi UMKM di bandara baru nantinya di Kulon Progo,” imbuhnya.*** [GN]