en id

Berita

Bandara Adisutjipto Yogyakarta dibuka Kembali

20 Feb 2014

kembali ke list


Yogyakarta 20/02/14 - Setelah lima hari ditutup, Bandara Adisutjipto Yogyakarta dibuka pada Rabu tanggal 19 Februari 2014 pukul 12.00 WIB. Pesawat Hercules A 1316 milik TNI AU menjadi pesawat pertama yang terbang untuk melakukan uji coba sebelum pesawat komersil  lepas landas pasca gangguan abu vulkanik Gunung Kelud.

Pengoperasian bandara dilakukan setelah pembersihan apron, landasan, dan Taxyway selesai. Semula Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan dibuka pada pukul 07.00, tetapi diundur menjadi pukul 12.00 karena jalur hubung Akademi Angkatan Udara (AAU) sepanjang 300 meter di sisi selatan bandara masih harus dibersihkan dari abu vulkanik. General Manager Angkasa PuraI Airports Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Andi G Wirson mengatakan bahwa pengunduraan pembukaan bandara dari pukul 07.00 menjadi pukul 12.00 dilakukan demi keselamatan penerbangan.

Sementara itu pesawat komersil yang pertama terbang adalah pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA201 tujuan Jakarta take off pukul 12.35 WIB. sebelumnya pesawat Mandala Tiger air dari Pekanbaru landing pertama pukul 12.20 WIB.General Manager Bandara Adisutjipto Andi G Wirson menjelaskan, secara keseluruhan situasi penerbangan pada hari pertama lancar. Setelah sebelumnya dilakukan uji coba oleh Hercules milik TNI AU. Semua maskapai penerbangan juga langsung melayani penumpang, kecuali Lion Air.

“Memang belum penuh, karena biasanya penerbangan pertama pukul 06.00 WIB. Semua maskapai juga telah melaporkan akan langsung beroperasi kecuali Lion Air. Semua jadwal penerbangan Lion Air dibatalkan dan baru akan kembali beroperasi hari ini (Kamis 20/02)”.[Dhika]